Manusia memang tidak akan pernah lepas dari melakukan kesalahan. Namun, sedapat mungkin kita harus berusaha untuk menghindar dari kesalahan yang mungkin terjadi. Dengan menghindari beberapa kesalahan di bawah ini, dan fokus terhadap pekerjaaan, maka Anda bisa tenang dalam meniti karir.
Berikut adalah kesalahan umum yang sering terjadi:
Terjebak dalam Zona
Nyaman
Ketika Anda telah berada di posisi atau jabatan yang
sama dalam beberapa tahun, dan mulai merasakan
kenyamanan dalam bekerja sehingga tidak bersemangat lagi untuk bergerak maju, itu
artinya Anda sudah masuk ke dalam zona
nyaman. Zona nyaman atau comfort zone memang menyenangkan, namun berhati-hatilah karena berada di comfort zone ini bisa membuat Anda terlena
sehingga enggan untuk bergerak maju.
Tidak Memandang Luas
Memahami betul apa yang ingin perusahaan capai
merupakan salah satu cara penting agar dapat mengetahui peranmu
dalam bekerja, dan pencapaian apa yang harus Anda raih agar target
perusahaan bisa tercapai. Dengan memiliki pengertian dan pemahaman apa yang menjadi
target perusahaan, Anda bisa menggali lebih dalam lagi apa tujuan Anda direkrut
dan passion dalam
bekerja, yang berarti hal ini juga turut membawamu
menuju pintu kesuksesan.
Membuang Kesempatan
Dunia bisnis kadang merupakan dunia yang kecil dan
reputasi serta image merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan Anda. Networking dan rekomendasi rekan yang mengenal
Anda merupakan salah satu hal penunjang pencapaian kesuksesan karir Anda.
Dengan membuang kesempatan untuk networking, bisa saja Anda kehilangan kesempatan berkarir di
perusahaan yang baik.
Bekerja dan Karir
Tidak Seimbang
Hal yang pertama untuk mencapai kesuksesan dalam berkarir adalah Anda harus enjoy dalam bekerja dan getting work-life balance.
Dengan menyeimbangkan kehidupan bekerja dan berkarir akan sangat membantu Anda
untuk mencapai kesuksesan yang menjadi tujuan Anda. Bekerja memang penting
namun apabila Anda tidak happy sama sekali dalam bekerja maka pekerjaanmu akan
menjadi sia-sia.
Tidak Membatasi
Kehidupan Pribadi dan Profesional
Sering kali, keakraban yang terjalin di antara para rekan kerja memang bagus. Namun, tetap
pastikan untuk selalu bersikap profesional saat di kantor. Dengan membatasi
antara kehidupan pribadi dan profesional Anda bisa bekerja maksimal
di kantor, dan akan mendapat image sebagai seorang profesional pula.
Melihat Rumput Tetangga Lebih
Hijau
Sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja, tanyakan
kepada diri sendiri kenapa Anda memutuskan hal tersebut. Biasanya, menganggap
pekerjaan orang lebih lebih menyenangkan dibanding diri sendiri akan membawa
kepada kekecewaan. Percayalah, pekerjaan dan situasi orang lain tidak lebih
baik dari kita, dan bersikap rendah diri akan membawa masalah baru.
Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan baru, Anda harus memastikan bahwa hal
tersebut bukanlah sebagai pelarian dari rasa kekecewaan yang Anda rasakan.
Tidak Memperbarui
Kemampuan
Selalu up date dengan teknologi terkini adalah hal penting untuk
memastikan bahwa kemampua Anda semakin berkembang. Gagal dalam
mengikuti perkembangan zaman dan teknologi berarti gagal pula untuk mencapai
kesuksesan karir, karena setiap harinya para pesaing Anda
memperbarui kemampuan mereka.
Tidak Berani
Mengambil Risiko
Setelah bekerja di dunia industri yang sama, Anda
telah mempunyai pengalaman dan pelajaran yang cukup banyak dalam industri
tersebut. Sehingga, ketika dihadapkan dalam suatu situasi, Anda bisa
memanfaatkan pengalaman dan pemahaman yang Anda miliki untuk mengambil keputusan. Dengan begitu, Anda bisa
menghindar dari rasa penyesalan yang mungkin bisa datang di masa depan.
Tidak Dapat
Membuat Prioritas
Hal terpenting lainnya ketika bekerja adalah Anda
harus bisa untuk membuat priority list dari project yang sedang Anda kerjakan. Fokuskan pekerjaanmu
kepada project yang
memiliki value tinggi. Value tersebut bisa berupa project yang membawa revenue paling tinggi dan membuat bisnis
perusahaan berkembang. Pekerjaan yang bisa membawa impact besar terhadap bisnis perusahaan tentulah
akan membuat lebih bersemangat untuk menyelesaikannya.
Tidak Percaya Diri
Kehilangan
kepercayaan diri adalah hal yang sangat berbahaya, karena saat Anda tidak
percaya diri sendiri maka rekan kerja Anda pun juga tidak percaya kepada Anda.
Kehilangan kepercayaan diri? Timbulkan lagi kepercayaan diri Anda dengan
mengingat pencapaian yang telah Anda raih sebelumnya. Ingatlah bahwa Anda lebih hebat dari pada pemikiran yang Anda
tanamkan kepada dirimu sendiri.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan