Hanya mengandalkan
gaji sebagai karyawan
boleh jadi tidak cukup
untuk menutupi segala
kebutuhan Anda. Hal ini dimungkinkan terjadi akibat harga
kebutuhan pokok yang terus meningkat, belum lagi impian Anda untuk memiliki sebuah rumah tangga yang baru. Anda
akan berpindah pekerjaan ke perusahaan lain untuk
mencari gaji yang lebih bagus. Namun demikian,
hal ini
bukanlah alternatif terbaik yang bisa Anda peroleh, karena Anda
harus beradaptasi lagi dengan
lingkungan yang baru, dan kemungkinan penempatan kerja di luar kota.
Merintis sebuah bisnis adalah jawaban yang
lebih tepat untuk mencukupi kebutuhan Anda. Anda dapat memperoleh penghasilan
yang tidak terbatas, dan tetap beraktivitas di kota tempat tinggal. Namun pada umumnya seorang
karyawan harus menghadapi beberapa
kendala ketika
akan memulai sebuah bisnis.
Berikut
adalah beberapa tips yang ditawarkan dari laman Entrepreneur.com:
1. Anda
siap untuk memulai semuanya dari awal
Untuk merintis sebuah bisnis, tidak ada cara lain selain memulainya dari awal. Jangan pernah berpikir bahwa
Anda bukan orang yang tepat untuk menjalankan
bisnis. Hal ini tentu akan
menghambat Anda. Yakinkan diri Anda bahwa sesuatu akan selalu dimulai
dengan langkah pertama, sebelum Anda mampu berjalan dan berlari.
2. Ketahui
apa yang ingin Anda lakukan
Sebuah bisnis
yang kuat tentu harus memiliki
pondasi yang kuat juga. Hal tersebut dapat Anda temui dengan cara bertanya
terhadap diri sendiri apa tujuan yang sebenarnya ingin Anda capai. Tujuan
membantu Anda dalam menghadapi berbagai hambatan yang akan terjadi ketika memulai usaha.
Ingat bahwa persaingan usaha sejatinya lebih keras daripada persaingan karyawan
di lingkup perusahaan.
3. Mencari
mentor yang tepat
Saat Anda benar-benar ingin
memulai sebuah usaha,
pastikan Anda juga telah belajar dan mengambil banyak pengetahuan dan pengalaman dari
mentor yang tepat. Seorang mentor akan membantu Anda dalam merintis usaha dan
mengembangkannya menjadi penghasilan utama Anda. Pastikan bahwa mentor tersebut
adalah orang yang memang berpengalaman.
4. Bekerja
efektif dan efisien
Waktu yang dimiliki oleh setiap
orang adalah sama
24 jam seharinya, tetapi hanya ada beberapa orang yang sukses dalam menjalankan
bisnis. Hal ini
dikarenakan mereka pandai dalam mengatur waktu sehingga pekerjaan yang
dilakukan menjadi efektif dan efisien. Tidak perlu bekerja seharian penuh,
tetapi manfaatkan waktu yang ada dengan baik untuk
menghasilkan uang.
5. Mengetahui
waktu yang tepat
Jika Anda masih memilih untuk tetap melakukan
pekerjaan lama Anda sambil
berbisnis, tentu tidak
masalah. Namun ingat bahwa
beberapa bisnis besar hanya bisa dikerjakan secara fokus dan menuntut Anda
untuk keluar dari pekerjaan tersebut. Jika memang bisnis yang telah
dikembangkan memiliki hasil yang menjanjikan tidak masalah bagi Anda untuk
selanjutnya meninggalkan pekerjaan lama dan fokus terhadap dunia bisnis.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan