Senin, 30 Mei 2016

KETIDAKJUJURAN...




Ketika berusia enam tahun, John bersama ayahnya ditahan oleh polisi, karena mengemudikan kendaraan dengan melanggar lampu merah. Ayahnya memberi petugas polisi itu uang lima puluh ribu rupiah sambil menunjukkan SIM dan STNK kendaraan. “Tidak apa-apa anakku, semua orang juga berbuat begitu”, kata ayahnya menjelaskan.

Ketika John berusia sepuluh tahun, dia pergi berbelanja dengan ibunya. Kasir mengembalikan uang lebih kepada ibunya. Ibunya menyimpan dengan cepat-cepat kelebihan uang kembalian itu dalam dompetnya sambil berbisik kepada John, “Tiap orang juga berbuat seperti itu”.

Ketika John berusia enam belas tahun, sekolah SMA sambil bekerja di sebuah toko swalayan milik pamannya, salah satu tugasnya ialah menaruh tomat yang matang di bagian bawah keranjang dan yang masih mentah di bagian atas. Pamannya mengatakan kepadanya, “Begitu kerja yang baik”.

Saat John berusia dua puluh tahun, kuliah di sebuah perguruan tinggi. Pada suatu hari dia didatangi oleh seorang teman mahasiswanya dan bertanya apakah dia mau membeli beberapa jawaban ujian. Dia membeli dan akhirnya kedapatan nyontek, lalu dilarang mengikuti ujian.

Akhirnya, orangtuanya mengetahui hal tersebut dan dengan sangat kecewa mengatakan, “John, bagaimana mungkin kamu melakukan hal yang tidak jujur itu? Sesuatu yang orang tidak dapat mentolelir ialah ketidakjujuran...”






Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan