Minggu, 20 Oktober 2019

Servis Motor Kamu TANPA Bongkar Mesin


Sekitar 80% pengguna motor di Indonesia memilih motor matic sebagai kendaraannya. Dan sebagian besar dari mereka lebih condong memilih mesin matic injeksi yang teknologinya lebih canggih daripada matic yang masih menggunakan karburator dalam sistem bahan bakarnya. 
Memang motor matic injeksi yang saat ini sedang populer di masyarakat menawarkan fitur yang menarik. Selain karena sistem injeksi yang membuat bahan bakar menjadi sangat irit, cara merawat motor injeksi juga lebih mudah. Bahkan jika diservis di bengkel, proses servisnya jauh lebih cepat ketimbang motor yang masih menggunakan karburator. Tentunya karena sistemnya sudah canggih, cara merawat mesin motor jauh lebih mudah.
Namun demikian, masih ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik motor matic. Karena menganggap motor matic injeksi lebih mudah dirawat, akhirnya banyak juga yang menyepelekan cara merawat motor yang mereka miliki. Bagaimana sih cara merawat motor matic injeksi yang benar? Apakah sama dengan cara merawat motor matic biasa?

Mari kita perhatikan beberapa tips di bawah ini... 

1. Pastikan motor selalu dipanasi di pagi hari

Mengendarai motor yang belum dipanasi sama saja dengan kamu merusak motormu secara perlahan. Oleh sebab itu panaskan motormu sebelum dipakai. Oh ya, jangan memanasi motormu dengan electric starter ya. Pakai kick starter untuk memanasinya di awal hari. 

2. Periksa kondisi aki dan businya

Salah satu cara merawat motor matic adalah dengan selalu mengontrol kondisi aki dan businya. Jika kondisi aki dan busi sudah tidak mumpuni lagi untuk digunakan, belikan sparepart yang sesuai standar dari motormu.

3. Jangan pelit beli bensin

Sudah menjadi kewajiban pengendara motor untuk memberikan bahan bakar yang sesuai untuk motornya. Jangan sampai kamu jadi pemilik motor yang pelit untuk beli bensin. Terlebih untuk motor matic injeksi, jangan sampai kehabisan bensin sehingga injector-nya kena imbasnya.

4. Kendarai motor secara bijak

Mengendarainya secara bijaksana adalah salah satu cara merawat motor matic injeksi yang benar. Ketika kamu mengendarainya secara ugal–ugalan bisa saja mesin motormu gak akan awet seperti yang diharapkan. Terlebih lagi untuk motor matic, menarik gas dan melepaskannya secara berulang–ulang adalah tindakan yang tidak dianjurkan oleh pabrikan motor.

5. Ganti oli secara rutin

Selain pemberian bahan bakar yang sesuai, pemberian oli ini juga sangat penting. Maksimal setiap 5.000 km kamu harus mengganti oli, dan setiap 10.000 km kamu harus mengganti filter oli mesinmu. Atau jika kamu sudah merasa mesinmu berbunyi lebih kasar dari biasanya, kamu bisa mengganti olinya sebelum sampai ke kilometer yang dianjurkan.

6. Vent belt dan roller motor

Kamu juga harus sering mengecek keadaan komponen pendukung penggerak motormu. Dua komponen ini rentan akan kotoran dan juga kerusakan. Jadi pastikan untuk mengecek kedua komponen tersebut. 

7. Cek shockbreakermu 

Karena motor matic hanya menggunakan satu shockbreaker belakang, kamu juga harus sering mengecek keadaannya. Jika sudah berdecit, itu tandanya oli dari shockbreaker harus segera diganti. Pada umumnya sih setiap 10.000 km shockbreaker harus diganti olinya. 

8. Servis secara rutin

Motor matic injeksi akan lebih terawat jika secara rutin dibawa ke bengkel resminya. Jadi ketika ada issue tentang kesehatan motormu, antisipasinya akan dilakukan dengan tepat. Pastikan maksimal 2-3 bulan sekali motormu mendapatkan perawatan prima di bengkel resmi terdekat.



Servis motor kamu tanpa bongkar mesin...
Inovasi terus dilakukan oleh industri otomotif di tanah air. Salah satunya adalah DEPOT BAN yang akan segera menghadirkan inovasi baru berupa layanan servis rutin untuk motor bertajuk "Servis Motor Kamu Tanpa Bongkar Mesin".
Layanan servis ini terbilang unik dan berbeda dengan servis konvensional, karena dilakukan tanpa harus membongkar mesin.
DEPOT BAN yang menyediakan berbagai macam kebutuhan dasar motor: Ban, Oli, Aki, dan lainnya... kini dengan inovasi baru di bidang servis motor tanpa harus bongkar mesin ini menjamin bahwa layanan servisnya ini mempunyai empat keunggulan, yaitu tarikan gas motor menjadi ringan, penggunaan bahan bakar lebih irit, penggunaan oli mesin lebih panjang dan suara mesin menjadi lebih halus, baik yang masih menggunakan karburator maupun injection. 
Servis ini tidak akan merusak mesin dan seal. Cukup enam bulan sekali untuk pemakaian normal atau 10 ribu km. Servis motornya hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja.
Secara mekanisme kerja, servis motor tanpa bongkar mesin ini menggunakan tiga cairan yaitu:
  1. Engine Flush: cairan dengan formulasi khusus yang untuk menghancurkan dan membersihkan endapan kerak yang menempel pada permukaan metal di dalam mesin motor.
  2. Fuel Injector Cleaner: cairan dengan formulasi khusus yang dengan cepat membersihkan injector motor dan kerak karbon yang terdapat pada ruang pembakaran.
  3. Water Remover: akitif khusus yang dirancang efektif dan aman menghilangkan uap air dari bensin ketika ditambahkan ke tangki bahan bakar, zat ini akan menyerap dan mengikat air dengan andal sehingga menyatukan air dengan bensin dari keseluruhan sistem bahan bakar.
Hasilnya, tarikan motor menjadi enteng, suaranya halus, dan hemat bahan bakar serta oli mesin lebih tahan lama, BUKTIKAN!!!

DAYTONA Engine Care kata Konsumen: KLIK Di Sini!
DAYTONA Engine Care kata Mekanik: KLIK Di Sini!






Bagi Anda yang ingin bekerjasama bisnis dan berminat menjadi bagian dari Team Bisnis "PT. BAN" , hubungi:

Johanes Budi Walujo
HP: 08112332777
WA/Line: 081919132777
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: Berkat Akur Nanjaya
Website: https://www.depotban.com/

PT. Berkat Akur Nanjaya
Jl. Raya Mekarsari No. 9 - Terusan Bojongsoang, Baleendah, Bandung 40375 (lokasi di belakang kantor PT. ASTA Bandung, samping toko DEPOT BAN Baleendah)
Telp: 022-5948927
Maps: Berkat Akur Nanjaya PT.