Berikut ini adalah tujuh kebiasaan yang harus Anda hindari. Mungkin Anda
sendiri tidak menyadarinya karena sudah menjadi kebiasaan Anda sehari-hari...
1. Tidak ’menampakkan diri’
Salah satu hal paling sederhana namun
memiliki dampak yang sangat besar untuk Anda dalam meraih kesuksesan - entah itu
dalam kehidupan sosial, karir, keuangan maupun kesehatan, adalah menampakkan
diri Anda lebih sering.
Apa maksud ’menampakkan diri’ ini?
Misalnya:
Jika Anda ingin memperbaiki kesehatan Anda, maka salah satu hal terpenting dan
paling efektif adalah Anda menampakkan diri di tempat kebugaran sesuai dengan
jadwal latihan Anda.
Mungkin saat itu cuaca sedang tidak mendukung
sehingga Anda merasa enggan keluar rumah. Namun, jika Anda tetap memaksakan
diri untuk pergi meskipun Anda merasa malas. Hal ini berarti Anda sudah memperbaiki mental Anda.
Ini berlaku di semua area dalam hidup
Anda. Jika Anda menulis lebih sering, maka suatu saat Anda akan menjadi penulis
top dimana hasil tulisan Anda akan selalu ditunggu orang untuk dibaca. Jika
Anda sering bertemu atau berkumpul dengan teman-teman, maka kemungkinan Anda
bertemu dengan seseorang yang spesial bertambah besar.
Dengan Anda ’menampakkan diri’
lebih sering, maka akan membuat suatu perbedaan yang sangat besar untuk kesuksesan
Anda. Jika tidak, Anda tidak akan pergi kemana-mana.
2. Menunda pekerjaan
Ada 2 kondisi yang menyebabkan seseorang menunda pekerjaannya:
- Pertama, dia memiliki pekerjaan
yang sangat menumpuk, sehingga bingung mana yang harus dikerjakan terlebih
dahulu. Akhirnya, tidak mengerjakan apa-apa.
- Kedua, dia hanya memiliki sedikit
pekerjaan, sehingga berpikir untuk menunda saja terlebih dahulu.
Terlepas dari apapun kondisi Anda, di
bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Anda dapat keluar
dari kebiasaan menunda ini:
- Lakukanlah tugas terberat dan
terpenting terlebih dahulu di pagi hari. Awal yang baik di pagi hari akan
membuat momentum yang positif sehingga Anda akan menjalani sisa hari Anda
dengan lebih bersemangat.
- Jika Anda berpikir tugas yang menumpuk sedang menanti
Anda, kepala Anda dapat menjadi penat, akhirnya akan membawa Anda pada
penundaan. Pecahlah tugas Anda menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil, dan fokuslah
pada langkah pertama. Setelah selesai, Anda bisa melanjutkan ke langkah
kecil berikutnya.
- Jika Anda berpikir untuk menunda pekerjaan karena Anda hanya memiliki sedikit pekerjaan, sebaiknya Anda mulai berpikir bagaimana jika tiba-tiba Anda mendapatkan tugas baru sementara tugas yang lama belum Anda tuntaskan. Pakailah prinsip ini: "lakukan sekarang juga hal-hal yang bisa Anda lakukan sekarang".
3. Anda melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak penting
Kebiasaan lainnya yang tidak produktif,
selain menunda, adalah Anda menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak penting.
Untuk menghindari hal ini, tuliskan 3 hal penting yang harus Anda lakukan setiap hari, dan mulailah mengerjakannya dari urutan yang prioritas. Meskipun Anda hanya sanggup menyelesaikan 1 pekerjaan saja, namun setidaknya Anda telah melakukan hal terpenting yang harus Anda lakukan di hari tersebut.
Untuk menghindari hal ini, tuliskan 3 hal penting yang harus Anda lakukan setiap hari, dan mulailah mengerjakannya dari urutan yang prioritas. Meskipun Anda hanya sanggup menyelesaikan 1 pekerjaan saja, namun setidaknya Anda telah melakukan hal terpenting yang harus Anda lakukan di hari tersebut.
Apapun cara yang Anda gunakan dalam
mengatur pekerjaan Anda, prioritas utama tetaplah menemukan hal-hal terpenting
yang perlu Anda lakukan setiap harinya. Teknik ini juga merupakan bagian dari
manajemen waktu yang efektif, sehingga Anda tidak menghabiskan hari-hari Anda
dengan melakukan hal-hal yang tidak penting. Menyelesaikan suatu pekerjaan
dengan cepat tetap tidak akan berarti jika Anda melakukan hal yang tidak
penting.
4. Berpikir terlalu lama
Orang yang berpikir terlalu lama,
otomatis mengakibatkan kurang mengambil tindakan. Terjebak dalam analisa yang
berlebihan dapat membuang waktu berharga dalam hidup Anda. Tidak ada yang
salah dengan berpikir sebelum melakukan tindakan, bahkan sangat diperlukan. Melakukan penelitian, membuat rencana, menggali potensi-potensi
keuntungan serta masalah yang mungkin terjadi.
Namun berpikir, berpikir dan terus
berpikir adalah cara lain menyia-nyiakan hidup Anda. Anda tidak perlu
menganalisa semua hal dari setiap sudut. Anda tidak bisa menunggu waktu yang
betul-betul tepat untuk menjalankan aksi Anda. Percayalah waktu tersebut tidak
akan datang. Anda juga tidak perlu merisaukan bagaimana jika
kegagalan Anda. Jika Anda tetap berpikir dan terus berpikir semakin dalam,
maka Anda akan semakin sulit untuk mengambil tindakan.
Berhentilah berpikir, lakukan sekarang juga apapun yang perlu Anda lakukan,
pergilah kemanapun Anda perlu pergi.
5. Melihat sisi negatif dari setiap hal
Ketika Anda melihat segala hal dari
sudut yang negatif, maka sebetulnya Anda telah menjatuhkan motivasi Anda
sendiri. Anda menemukan kekurangan dimana-mana dan masalah-masalah yang mungkin
tidak betul-betul ada, contohnya ketika Anda mencari alasan untuk tidak
melakukan sesuatu. Saya yakin dari sudut yang negatif Anda setidaknya akan
menemukan 10 alasan.
Contoh yang lain, Anda mencari seseorang
yang mau mendengarkan keluh kesah Anda - padahal sebetulnya tidak ada yang mau
mendengarkan keluhan Anda - tentang pekerjaan dan kehidupan Anda yang
menjenuhkan atau atasan Anda yang menyebalkan. Ketahuilah bahwa Anda akan
menciptakan hidup Anda sesuai dengan apa yang Anda pikirkan dan bagaimana Anda
memandang lingkungan Anda. Jika Anda memandang kehidupan Anda begitu
menjemukan, Anda akan memiliki kehidupan yang benar-benar
menjemukkan. Yang perlu Anda lakukan tidak lain adalah Anda menantang pada
diri Anda sendiri untuk selalu berpikir positif selama 7 hari kedepan. Lihatlah
nanti hasil luar biasa yang akan Anda dapat.
6. Keras kepala pada pendirian Anda sendiri dan menolak pendapat orang lain
Memang sulit untuk mengakui atau berjiwa
besar bahwa pendapat Anda bukanlah pilihan yang terbaik. Sehingga Anda ngotot
pada pendapat Anda dan menutup pikiran Anda dari pengaruh orang lain. Kondisi
ini dapat menyebabkan Anda sulit untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih
efektif.
Saran untuk mengatasi permasalah ini
adalah Anda menyadari bahwa manusia mempunyai batas atas hal-hal yang ia
ketahui. Anda harus terbuka untuk menerima pelajaran atas kesalahan Anda
sendiri, kesalahan orang lain atau sumber-sumber lainnya seperti buku.
Ketika otak Anda selalu dikosongkan
untuk menerima hal-hal baru, secara tidak sadar level Anda telah naik ke level
yang lebih tinggi, begitu seterusnya. Namun perlu diingat, jangan pula Anda
terjebak seperti dijelaskan di no.4. Pengetahuan baru yang Anda terima, perlu
Anda terapkan dan coba dalam kehidupan Anda, jangan hanya menjadi pengetahuan
semata saja.
7. Membiarkan informasi membanjiri otak Anda
Kebalikan dari poin 6 diatas, di poin 7
ini Anda justru membiarkan seluruh informasi mengalir ke otak Anda tanpa
penyaringan. Jika Anda melakukan ini, maka akan sulit bagi Anda untuk berpikir
dengan jernih. Beberapa kondisi yang menyebabkan Anda seperti ini adalah:
- Banyak informasi yang Anda terima
adalah negatif. Media-media dan lingkungan di sekeliling Anda sering
memberikan informasi-informasi negatif, seperti : penipuan, perampokan,
pembunuhan, gosip dsb. Jika Anda tidak selektif dalam memilih berita, Anda
dapat terpengaruh secara negatif juga, entah itu secara pikiran, perasaan
maupun tindakan.
- Ada suatu dorongan dalam diri Anda
untuk selalu mengetahui informasi terkini, namun seberapa cepat Anda
mengikuti perkembangan dengan berbagai alat yang Anda miliki, akan selalu
ada puluhan bahkan ratusan hal baru yang terjadi yang tidak bisa Anda
ikuti. Hali ini justru dapat membuat Anda menjadi stress.
Sulit untuk membuat keputusan dan
mengambil tindakan jika otak Anda terus dibanjiri dengan informasi-informasi.
Bahkan Anda dapat terjebak melakukan kebiasaan seperti disebutkan di poin 3.
Anda sibuk dan sibuk terus melakukan pekerjaan namun sebetulnya pekerjaan yang
tidak penting.
Untuk dapat fokus, berpikir jernih dan
mengambil tindakan, perlu sekali untuk Anda menseleksi bahkan jika perlu
membatasi akses informasi yang masuk ke otak Anda, misalkan ketika Anda sedang
menyelesaikan suatu pekerjaan, Anda melakukan hal-hal seperti : mematikan
telepon Anda, internet dan pintu ruangan Anda. Anda akan melihat hasil yang
menakjubkan ketika Anda tidak diinterupsi setiap 10 menit oleh email atau
website-website favorit Anda.
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan